Updated: 10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang PS Vita

Author : UnknownTidak ada komentar

Updated: 10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang PS Vita
PS Vita Pink Front
PS Vita Pink Back
Kami baru saja menerima press release dari Sony yang mengatakan bahwa PlayStation Vita berwarna pink/putih akan tersedia di Indonesia dengan harga retail yang disarankan Rp. 3.299.000. PlayStation Vita dengan tipe PCH-2000 ini akan tersedia tanggal 13 November 2014. Selain itu update terbaru PS Vita (versi 3.30) yang direncanakan dirilis October nanti akan mengizinkan para gamer untuk melakukan personalisasi seperti theme, yang dapat diunduh dari PlayStation Store.
Jika kamu masih ragu untuk membeli PS Vita apa tidak maka baca dulu 10 hal di bawah dan juga baca tentang masa depan dari PS Vita di sini.

Artikel Asli 13 November 2013
Jika kemarin Games in Asia sudah membahas hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang PS4 serta bagaimana nasib PS3 setelah perilisan PS4, maka tidak ada salahnya kalau kita membahas juga mengenai handheld buatan Sony yang baru akan berusia 2 tahun bulan depan, PlayStation Vita. Handheld penerus PSP ini dirilis di Jepang pada Desember 2011 dan kepada khalayak internasional pada Februari  2012, hampir setahun setelah Nintendo 3DS yang merupakan saingannya dirilis. Di usianya yang hampir 2 tahun ini, PS Vita sudah berkembang dari sebuah handheld dengan fitur yang tidak menarik dan game terbatas, menjadi handheld dengan fitur menggiurkan dan pilihan game yang sangat variatif.
Selain itu pada September kemarin Sony juga mengumumkan tentang varian terbaru PS Vita yang disebut sebagai PS Vita Slim dan hardware terbaru mereka yang disebut PS Vita TV. Mau tahu lebih lanjut soal PS Vita serta fitur-fitur dan perangkat tambahannya, langsung saja cek daftar di bawah.

1. Desain hardware

PS-Vita-Views_600px
Desain dari PS Vita sepintas mirip dengan desain PSP, bedanya PS Vita memiliki kesan lebih elegan dengan lekukan-lekukan pada casingnya. PS Vita juga nampak jauh lebih besar dengan layar berukuran 5 inch, lebih besar dari PSP yang hanya berukuran 4,3 inch. Bukan hanya ukuran saja yang berbeda, layar pada PS Vita juga merupakan touch screen yang dapat memberikan  variasi gameplay baru pada Vita dibandingkan pendahulunya. Selain itu jika diperhatikan bagian belakang PS Vita terdapat motif khusus, bagian dengan motif tersebut adalah touch panel yang bisa digunakan sebagai bagian tambahan dari controller. Implementasi penggunaan touch panel berbeda-beda tergantung masing-masing game yang menggunakannya.
PS-Vita-Slim-Comparison
Perbandingan PS Vita dan PS Vita Slim
Pada September lalu Sony juga telah mengkonfirmasi tentang PS Vita Slim, iterasi desain dari PS Vita yang pertama keluar. Beberapa perubahan dapat dilihat dengan mudahnya di PS Vita Slim, hal yang pertama terlihat tentunya adalah pilihan warna yang ada, Sony menyediakan 6 pilihan  warna seperti pada gambar di bawah.
PS-VITA-2000-Slim-Six-Colous
Selain pilihan warna, PS Vita Slim juga memiliki ukuran yang lebih kecil dari versi originalnya. Pelindung bagian luar yang terdapat pada PS Vita juga membuat ukuran dari handheld ini terlihat lebih polos. Menurut T3 yang mendapat kesempatan untuk mencoba PS Vita Slim di Tokyo Game Show 2013 kemarin, menghilangnya pelindung luar ini bukan saja mengurangi ukuran PS Vita Slim, tapi juga mengurangi beratnya dibandingkan dengan PS Vita original.
Meskipun berukuran sama, layar dari PS Vita Slim tidak lagi menggunakan OLED seperti versi original, handheld ini sekarang menggunakan LCD sebagai alternative yang lebih murah. Tentu saja pantulan yang dihasilkan LCD membuat handheld ini tidak semenarik versi asli yang menggunakan OLED, tapi sudah pasti ada hal yang harus dikorbankan demi harga yang lebih murah. Touch panel pada bagian belakang juga dikurangi, sehingga mengurangi kemungkinan pemain tidak sengaja menyenggol touch panel.
Kamu bisa melihat presentasi Sony saat mengumumkan PS Vita Slim di bawah ini.

2. Controller

Seperti yang bisa kamu lihat di bagian desain hardware, PS Vita memiliki peletakan tombol yang cukup mirip dengan PSP. Perbedaan paling jelas adalah adanya tambahan satu analog stick di bagian kanan handheld. Bagian belakang dari PS Vita juga dapat berfungsi sebagai touch panel, dan layar di bagian depan memiliki fungsi touch screen. Selain control yang terlihat mata, PS Vita juga memiliki motion sensor yang penggunaannya bervariasi tergantung game.
Pada versi Slim, tidak banyak perubahan yang ada. Satu-satunya perubahan yang signifikan sudah disebutkan di atas, yaitu mengenai pengurangan area touch panel. Kami sendiri masih belum tahu apakah perubahan ukuran yang cukup minor pada PS Vita Slim akan merubah experience bermain secara signifikan, untuk mengetahuinya sepertinya kita harus menunggu sampai Sony mengeluarkan info lebih lanjut mengenai ketersediaan handheld ini di pasar internasional.

3. Spesifikasi

PS Vita memiliki hardware yang sangat kuat, kemampuan ini terbukti melalui game-game yang dirilis di PS Vita banyak juga yang dirilis di PS3. Selain hardware untuk mendukung kemampuan bermain game, PS Vita juga dilengkapi dengan dua buah kamera yang terletak di depan dan belakang. Sony juga menyediakan dua versi PS Vita, satu yang hanya dilengkapi Wi-Fi, dan satu lagi dilengkapi dengan Wi-Fi dan 3G. Sayangnya untuk versi PS Vita Slim, Sony tidak akan merilis versi 3G sama sekali.
Berikut adalah spesifikasi PS Vita yang disediakan Sony di website mereka.
vita-spec_600px

4. The Games

Sebagai handheld yang sudah berusia hampir 2 tahun, kamu tidak perlu lagi ragu dengan library game dalam PS Vita. Pilihan game dalam Vita sangat beragam, mulai dari RPG, shooter, sport, bahkan sampai visual novel sekalipun. Semenjak perilisannya, PS Vita juga menjadi sasaran empuk developer untuk merilis HD remake dari game-game yang keluar di era PS2, beberapa judul HD remake yang sudah dan akan tersedia PS Vita antara lain Metal Gear Solid HD Collection, Final Fantasy X, Final Fantasy X-2, dan beberapa judul lainnya. Selain didukung oleh game eksklusif dan remake, PS Vita juga memperluas daftar gamenya melalui ketersediaan game klasik PlayStation di handheld ini. Jadi selain dapat digunakan untuk bermain game baru (atau game lama yang tampak baru :p), kamu juga bisa bernostalgia dengan game-game favoritmu di PS menggunakan PS Vita.

5. Services

Dasar layanan yang ada di PS Vita tentu saja sama dengan yang digunakan Sony untuk konsol dan handheld mereka lainnya, yaitu PlayStation Network (PSN). Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel mengenai PS4, PSN memiliki beberapa fasilitas seperti PS Plus dan PS App. Dengan menggunakan PS Plus, kamu dapat menerima beberapa layanan special dari Sony. Salah satu layanan yang paling bermanfaat mungkin adalah game-game gratis yang disediakan setiap bulan. Selain game gratis, pengguna PS Plus juga memperoleh diskon lebih untuk setiap sale yang diadakan Sony.
Sony juga menyediakan Playstation App yang dapat di install untuk iPhone, iPad, atau device Android. Playstation App akan berfungsi sebagai tempat user mengatur atau sekedar melihat akun PSN mereka. PlayStation App ini sendiri sangat bermanfaat untuk pengguna PS4, namun untuk pengguna PS Vita mungkin fitur ini tidak terlalu spesial karena mobilitas yang dimiliki PS Vita sama dengan device Android, iPhone, atau iPad.

6. Kompatibilitas

PS Vita betul-betul memiliki tingkat kompatibilitas yang luar biasa. Melalui PS Vita, kamu dapat memainkan game-game PSP, meskipun game PSP hanya dapat dimainkan secara digital, mengingat PS Vita tidak dapat support UMD untuk PSP. Seperti yang sudah dijelaskan di atas juga, dengan PS Vita kamu juga dapat memainkan game-game klasik PlayStation yang dapat di beli di PlayStation Store.
Selain kemampuan untuk memainkan game dari konsol atau handheld klasik, PS Vita juga memiliki kemampuan untuk cross-play beberapa game yang multi platform. Berkat kemampuan hardware yang tinggi, banyak game PS Vita yang juga dirilis untuk PS3 atau PS4. Jadi seandainya kamu memainkan Metal Gear Solid HD Collection di PS3 kamu, maka kamu dapat melanjutkan progress kamu di PS Vita. Beberapa game multi-platform yang bisa dimainkan cross-play antara lain adalah Dragon’s Crown, Ragnarok Odyssey Ace, Street Fighter X Tekken, dan lain sebagainya.

7. Remote Play

Masih merujuk pada artikel tentang PS4 kemarin, PS Vita dapat berfungsi sebagai pengganti controller dan layar TV untuk PS4. Fitur remote play ini bisa dibilang mirip dengan fungsi yang controller Wii U. Dengan menggunakan fitur remote play, kamu dapat memainkan game PS4 kamu dimanapun selama masih terhubung dalam Wi-Fi yang sama. So, nantinya kamu bisa menikmati game-game PS4 kamu sambil menyelesaikan urusan di toilet.

8. Harga

PS Vita sudah mengalami pemotongan harga semenjak dirilis hampir 2 tahun lalu. Di Indonesia kamu bisa mendapatkan PS Vita Wi-Fi dengan harga Rp 2.250.000 dan versi 3G + Wi-Fi hanya dengan beda Rp 50.000 saja, yaitu Rp 2.300.000.
Sedangkan untuk PS Vita Slim bisa didapatkan lebih murah, yaitu ¥18.980 (sekitar Rp 2.100.000).

9. Tanggal rilis

Well, PS Vita dirilis sudah hampir 2 tahun yang lalu, jadi kamu bisa dengan mudahnya mendapatkan handheld ini di Indonesia. Sedangkan untuk PS Vita Slim baru saja dirilis di Jepang Oktober kemarin, belum ada kabar mengenai versi internasionalnya.

10. PlayStation Vita TV

PS-vita-tv
Yang satu ini mungkin tidak bisa dibilang sebagai fitur dari handheld PS Vita, tapi lebih sebagai alternative untuk PS Vita. Pada September kemarin Sony mengumumkan mengenai device yang berfungsi untuk memainkan game-game Vita. Jika melihat gambar di atas, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memainkan game PS Vita jika tidak ada layarnya. Jawabannya adalah tentu saja dengan TV dan DualShock 3! Yak betul sekali, PS Vita TV adalah jawaban Sony kepada fans-fans yang tertarik untuk memainkan game-game PS Vita tapi tidak tertarik dengan portabilitas handheld ini.
Namun tidak semua game PS Vita akan kompatibel dengan PS Vita TV karena banyak game Vita yang memanfaatkan touch screen atau touch panel (well, kamu tidak akan bisa menggesek layar TV kamu kan). Selain untuk memainkan game Vita, Vita TV juga dapat digunakan untuk streaming PS4. Jadi seandainya PS4 kamu berada di ruang keluarga, dan Vita TV serta TV kamu ada di kamar, maka kamu bisa memainkan PS4 kamu melalui Vita TV.
Dengan fitur yang sangat menggiurkan ini, Sony menawarkan Vita TV dengan harga yang sangat murah, yaitu ¥9.480 (sekitar Rp 1.000.000), membuat Vita TV betul-betul alternatif yang menarik sebagai pengganti Vita. Vita TV akan dirilis di Jepang pada 14 November, sayangnya belum ada info apakah perangkat ini akan tersedia di luar Jepang.

Sumber : http://id.gamesinasia.com

Posted On : Kamis, 08 Januari 2015Time : 01.11
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Gracia Widyakarsa Group | |