Dasar Teknik Peledakan (mine blasting)

Author : UnknownTidak ada komentar

Peledakan merupakan bagian penting dari siklus pertambangan. Hampir semua bentuk pertambangan, batu dipecahkan oleh pengeboran dan peledakan. Teknologi peledakan adalah proses patahan (fracturing) material dengan menggunakan sejumlah perhitungan dari ledakan sehingga volume material pecah dapat ditentukan.

Sejak awal peledakan dengan menggunakan bubuk hitam (black powder), telah terjadi banyak perkembangan dalam penggunaan: bahan peledak, detonator, teknik penundaan dan dalam pemahaman tentang mekanisme pecahnya batuan dengan bahan peledak.

Desain ledakan dan pelaksanaan yang baik, sangat penting untuk operasi pertambangan yang sukses. Praktek/pelaksanaan tidak benar atau buruk dalam peledakan memiliki dampak sangat negatif pada ekonomi tambang. Penggunaan bahan peledak yang berlebihan di lokasi tambang dapat mengakibatkan kerusakan pada struktur batuan dan menyebabkan lubang bukaan yang tidak diinginkan dan menambah peningkatan besar dalam biaya pendukung.

Peledakan digunakan di kedua sistem penambangan terbuka dan operasi penambangan bawah tanah. Sementara peledakan tradisional biasanya menggunakan bubuk hitam dan dinamit, ada banyak jenis bahan peledak yang digunakan saat ini. Bahan peledak yang umum digunakan dalam industri saat ini adalah ANFO (ammonium nitrate/fuel oil), slurries, dan emulsi (emulsions). Banyak faktor yang perlu diperhitungkan saat menentukan apa jenis desain peledakan atau bahan peledak yang akan digunakan. Jenis batuan, kepadatan, dan strength merupakan faktor-faktor penting, serta kondisi fraktur batu, dan kondisi air.

Mine BlastAntara tahun 1978 dan 2000,  tercatat ada sekitar 106 penambang tewas dan 1.050 terluka oleh bahan peledak dan pecahan batu. Pada tahun 2001, ada 7 luka-terkait peledakan dan kematian di industri pertambangan. Selama dua dekade terakhir, sebagian besar bahan peledak terkait cedera dan kematian di tambang permukaan terjadi ketika pekerja sedang terkena batu, baik karena mereka terlalu dekat dengan ledakan atau batu terlempar lebih jauh dari yang diharapkan.

Kedua penyebab utama adalah ledakan yang terjadi sebelum waktunya. Di tambang bawah tanah, sebagian besar kematian terkait peledakan disebabkan oleh penambang yang terlalu dekat dengan ledakan, diikuti oleh ledakan asap keracunan, misfires, dan ledakan sebelum waktunya.

Misfires (kegagalan yang terjadi pada saat mencoba melakukan peledakan) menyebabkan cedera dan kematian sebagai akibat dari kelalaian penambang yang mencoba untuk menggunakan kembali bahan peledak yang gagal meledak dalam waktu ledakan sebenarnya.

Ledakan sebelum waktunya terjadi tanpa peringatan sementara seorang Blasters berada dekat dengan lubang bor yang siap diledakan; peledakan tersebut dapat dipicu oleh hulu ledak, dampak dari bahan peledak yang dijatuhkan ke bawah lubang bor yang kering, atau penanganan yang ceroboh dari sistem penyalaan (tutup peledak).

Misfire - cara menanganinya:
- Bila masih terlihat kawat detonator dan diperiksa masih aktif atau sumbu ledak, maka dapat diledakkan ulang menggunakan blasting machine.
- Bila kawat dan sumbu tidak terlihat, dapat dilakukan peledakan ulang dengan terlebih dahulu mengeluarkan stemming menggunakan kompresor.
- Membongkar lubang ledak menggunakan alat gali misalnya shovel, backhoe, atau dragline. Cara ini merupakan alternatif terakhir apabila tidak ada cara lain yang relatif lebih aman.
- Menetralisir bahan peledak ANFO dengan cara menuangkan atau menyemprotkan air ke dalam lubang gagal ledak. Yang perlu diingat bahwa bahan peledak emulsi, watergel, slurry, dan cartridge (primer) tidak dapat larut. Oleh sebab itu tetap harus dilakukan penggalian atau peledakan ulang untuk mengatasi lubang gagal ledak.

PELEDAKAN DI TAMBANG TERBUKA
Kebanyakan batuan yang keras membutuhkan peledakan sebelum penggalian di tambang permukaan. Biasanya empat jenis bahan peledak umum digunakan di pertambangan permukaan: slurries, Mixes dry, emulsi dan ANFO hybrid heavy. Pemilihan bahan peledak tergantung pada banyak faktor, terutama meliputi: critical diameter, hydrostatic pressure, temperature, minimum primer weight, density weight strength, bulk strength, gap sensitivity, water resistance, loading procedures, coupling atau decoupled properties, shelf life, reliability for bulk operations, overall drilling, pengeboran secara keseluruhan dan ekonomi peledakan.

Pola Bench Blasting pada Quarry / Open Pit

Blastholes / pola Inisiasi tembakan (lobang tembak) ke open face

PELEDAKAN DI TAMBANG BAWAH TANAH
Sebagian besar metode penambangan bawah tanah menggunakan peledakan sebagai metode utama penggalian batu.

Peledakan bawah tanah (Underground Blasting pdf) memberikan gambaran yang baik untuk berbagai desain ledakan ditambang bawah tanah. Sebuah tipikal pengaturan untuk peledakan dalam metode VCR pertambangan seperti gambar di bawah ini:


Info lebih lanjut infomine.com, Amanda_Daldiri


Posted On : Sabtu, 06 Desember 2014Time : 00.00
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Gracia Widyakarsa Group | |