Geohidrologi dan Sumber Daya Air

Author : UnknownTidak ada komentar

Pelabuhan Negara HSS

Geohidrologi adalah ilmu yang mempelajari gerakan air di bawah permukaan bumi.

Geohidrologi memainkan peran penting dalam berbagai isu yang melibatkan air tanah (groundwater), seperti drainase situs penggalian untuk konstruksi di bawah permukaan, dekon-tamination, persiapan lokasi, pembangunan untuk daerah perkotaan dan lokasi industri, ketinggian level air tanah dalam lingkungan hidup dan konsekuensi dari ekstraksi untuk industri dan pasokan air minum.

Geohidrologi adalah disiplin yang dapat diterapkan dalam dibidang lainnya, seperti dapat dilihat pada ringkasan di bawah ini.

Geohidrologi dan Teknik Sipil
Dalam bidang teknik sipil, kita dapat menyediakan distribusi air, pengendalian dan permasalahannya. Mencakup bidang ini antara lain cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai dsb), hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan, irigasi, waduk/bendungan(dam), kanal.

Geohidrologi dan Lingkungan
Menghitung gerakan kontaminan terlarut, desain dekontaminasi dan perlindungan pada lokasi pasokan air minum, sistem drainase, pengendalian limbah dalam tata letak tempat pembuangan limbah.

Geohidrologi dan Daerah Perkotaan
Untuk menghindari masalah di masa depan yang disebabkan oleh groundwater.

Survei Geohidrologi

Mempelajari perilaku air dan groundwater serta menentukan parameter air. Menghasilkan schematisation geohidrologi yang berfungsi sebagai dasar untuk perhitungan dan saran. Teknik yang bisa digunakan: tes langsung pada lokasi permeabilitas (cepat lambatnya air merembes ke dalam tanah), pengeboran dan pengujian penetrasi kerucut (tes sondir), teknik pengukuran groundwater otomatis, pengukuran geofisika dan tes laboratorium.
Posted On : Minggu, 07 Desember 2014Time : 07.14
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Gracia Widyakarsa Group | |