Koin Emas Kuno yang Ditemukan Ditoilet

Author : UnknownTidak ada komentar

Departemen arkeologi di India, telah menemukan 93 koin kuno diyakini saat masa Hyder Ali. Koin-koin itu ditemukan dari Haradanahalli (sebuah desa berjarak lima kilometer dekat Chamarajanagar). Siddique, seorang warga, meminta empat buruh pada hari Minggu untuk menggali tanah untuk membuat lubang sebagai outlet untuk toilet di rumahnya di desa tersebut.

coinsw inn
coins recovered by ASI

Menurut laporan Bangalore Mirror, awalnya para buruh diberi tugas menggali lubang berkedalaman delapan kaki, tetapi "terpaksa" untuk berhenti di lima kaki ketika mereka menemukan sebuah pot. Ketika para pekerja penasaran membuka tutup pot tersebut, mereka terkejut melihat koin 'emas' di dalamnya. Mereka langsung menutupi lubang dengan lumpur, kemudian keluar memberitahu pemilik rumah bahwa mereka memiliki beberapa masalah pribadi dan tidak bisa bekerja pada hari tu.

Mereka kembali pada malam harinya, mengumpulkan beberapa koin dan pergi ke dekat Chamarajanagar untuk menjualnya. Pemilik toko yang curiga, lalu menyuruhnya pergi dengan mengatakan bahwa koin itu tidak asli dan tidak akan memberinya uang. Buruh kembali ke desanya namun, pemilik toko itu tidak berhenti pada ini. Dia memanggil polisi setempat untuk memberitahukan bahwa koin kuno ditemukan oleh beberapa pekerja. Polisi bergegas ke tempat itu pada hari Senin untuk mencari buruh tersebut.

Polisi memberitahu petugas departemen arkeologi yang mengunjungi tempat itu. Para petugas berkata bahwa situs temuan berada di samping kuil Venupolaswamy, yang populer pada jaman dulu. Mereka menyadari bahwa mungkin ada lebih banyak koin seperti itu di sekitarnya. Penggalian lebih lanjut di sekitar lokasi menghasilkan lebih 50 koin.

Sementara para ahli belum menentukan masa koin, pengamatan awal memberi kesan bahwa sebagian besar, jika tidak semua koin, berasal dari akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 Ketika ini menjadi bagian dari negara yang berada di bawah pimpinan Hyder Ali, dan kemudian dapat dilihat dari masuknya Maratha. Sejak prasasti diketahui berbeda, koin diketahui sudah melakukan perjalanan bersama dengan orang-orang yang melintasi jarak jauh, disimpulkan bahwa koin dibuat, di wilayah itu ditemukan.

Para buruh awalnya membantah menemukan koin tersebut. Pertanyaan berkelanjutan menyebabkan mereka mengakui hanya menemukan delapan koin. Diinterogasi lebih lanjut menyebabkan pengungkapan pot dengan 43 koin emas.
Posted On : Rabu, 03 Desember 2014Time : 03.17
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Gracia Widyakarsa Group | |