Sistem Peringatan Gempa Bumi dan Tsunami Jepang

Author : UnknownTidak ada komentar

Bagaimana Sistem Peringatan Gempa Bumi dan Tsunami Jepang Bekerja


Sistem peringatan gempa dunia mampu membantu membatasi kerusakan dan korban jiwa.

Gempa bumi yang melanda Jepang beberapa tahun lalu adalah yang terburuk di negara tersebut selama lebih dari 300 tahun (dengan kekuatan lokal 8,9). Ratusan orang tewas dan terluka, namun korban jiwa ini cenderung dibatasi oleh dua hal penting yaitu teknologi peringatan dini: sistem peringatan gempa, dan sistem peringatan tsunami berbasis dilaut.

Sistem peringatan gempa, yang belum pernah terpicu sebelumnya, secara otomatis mengeluarkan peringatan melalui televisi dan ponsel tak lama setelah peringatan pertama, kurang berbahaya, gelombang kejut terdeteksi, memberikan waktu bagi banyak orang mempersiapkan diri untuk gelombang kejut yang diikuti lebih kuat. Hal ini juga menyebabkan banyak energi dan fasilitas industri, dan jasa transportasi untuk menutup secara otomatis. Serangkaian pelampung pendeteksi di Samudera Pasifik mendeteksi tsunami yang dihasilkan dari gempa, mengirim peringatan kemungkinan bencana bagi banyak berbagai negara.


Berikut ini beberapa sumber yang akan membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang kedua sistem peringatan gempa bumi dan tsunami.

Japan Meteorological Agency Tsunami1
Sumber: Badan Meteorologi Jepang
Grafik di atas menunjukkan tahapan yang terlibat dengan Japan’s earthquake warning system. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di halaman Badan Meteorologi Jepang.

Japan Meteorological Agency Tsunami2
Sumber: Badan Meteorologi Jepang
Gambar ini menunjukkan lokasi aktivitas seismik, dan keparahan terdeteksi (Jepang menggunakan skala yang berbeda untuk mengukur intensitas gempa bumi). Informasi lebih lanjut klik di sini.

dart system
Sumber: NOAA
Grafik di atas menunjukkan bagaimana Penilaian Kedalaman-laut dan Pelaporan Tsunami/Deep-ocean Assessment and Reporting of Tsunami (DART) pelampung tsunami bekerja.

Energy plot tsunami detection
Sumber: NOAA
Gambar di atas menunjukkan lokasi pelampung tsunami di Pasifik, dan pelampung telah dipicu (simbol berlian kuning besar). Informasi langsung dapat ditemukan di halaman National Oceanic and Atmospheric Administrations National Data Buoy Center.


Diperbarui 14:30 EST: NOAA telah menerbitkan sebuah halaman yang didedikasikan untuk acara tsunami.

Energy plot tsunami detection
Sumber: NOAA.
Gambar di atas dihasilkan dengan menggunakan method of splitting tsunami (MOST) tsunami splitting. Menggunakan data yang dikumpulkan oleh pelampung tsunami untuk memperkirakan waktu kedatangan gelombang dan tinggi gelombang tsunami.
Posted On : Senin, 08 Desember 2014Time : 22.46
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Gracia Widyakarsa Group | |