Sekilas tentang Nusakana, game ini merupakan JRPG yang berbasis pada dunia open-world, dimana pemain diberikan kebebasan untuk melakukan beragam hal di dalam game. Awal permainan dimulai dari sebuah surat misterius, yang pada akhirnya menuntun kamu ke sebuah liburan menuju Pulau Nusakana. Dari sinilah petualanganmu dimulai. Sebaliknya, kamu bisa memilih untuk masa bodoh terhadap surat tersebut, mengabaikannya kemudian memilih untuk benar-benar bersantai di pulau.
Nusakana merupakan game yang penuh akan twist, dimana di game ini terdapat sebanyak lebih dari 40 jenis ending berbeda. Setiap keputusan yang kamu ambil akan berpengaruh besar terhadap ending. Dan juga, kamu tidak sendiri di Nusakana, di pulau ini terdapat banyak sekali orang yang datang untuk mendapatkan Mana, sejenis sumber daya yang sangat mahal harganya. Dikarenakan mengandung Mana, Nusakana yang tadinya hanya sebatas objek wisata kini pun berubah menjadi pulau harta.
Studio Namaapa selaku developer tampaknya ingin menghadirkan game ini dalam bentuk yang lebih kompleks. Oleh sebab itu, di game ini pemain juga akan disuguhkan serangkaian fitur yang sudah tak asing lagi dan bisa ditemukan dengan mudah di game open-world pada umumnya. Disini, pemain dapat melakukan beragam aktifitas di luar dari dari kewajibannya menyelesaikan misi utama, seperti crafting, memancing, melawan monster, menemukan area baru, dan menikahi penduduk lokal melalui dating sim. Selain itu, pemain juga dapat menemukan adanya pergantian hari dari Pagi menjadi Siang kemudian menjadi Malam.
Apakah kamu merasa Nusakana terlihat mirip dengan Harvest Moon? Yup, kami juga merasakannya. Hal ini disebabkan karena Studio Namaapa memang menggunakan game legendaris PS1 itu sebagai inspirasi di saat mereka membuat game ini. Bahkan tak hanya Harvest Moon, game-game lain seperti Atelier dan Rune Factory juga menjadi ide di balik terciptanya Nusakana. Aw, that's why.
Catat tanggalnya, Nusakana bakal tersedia di Steam pada tanggal 20 November 2015. Kamu yang tertarik bisa membelinya dengan harga sebesar 80 ribu Rupiah saja, cukup murah kan?(DEL)