Terlepas dari begitu banyak pandangan orang awam yang seringkali melihat video game sebagai sebuah aktivitas / hobi yang lebih mengundang efek negatif, fakta bahwa video game punya kontribusi positif yang signifikan tetap tidak terbantahkan. Tak hanya sekedar hiburan dan kesempatan untuk menikmati sesuatu yang tak bisa mereka dapatkan di dunia nyata, banyak institusi pendidikan yang mulai menggunakannya sebagai sarana pengajaran. Fakta bahwa kita jauh lebih mudah belajar dari sesuatu yang menyenangkan menjadi pondasi untuk hal ini. Salah satu game yang seringkali digunakan untuk sarana pendidikan seperti ini? Tentu saja game racikan Mojang dengan popularitas luar biasa – Minecraft.

       Seperti yang kita tahu, Minecraft sendiri sudah digunakan lebih dari 7.000 guru dari seluruh dunia untuk mengajarkan siswanya soal banyak subjek pelajaran, dari arsitektur, kimia, hingga puisi sastra Jepang. Dan kini, bekerja sama dengan Code.org, Minecraft menyuntikkan sebuah mode tutorial yang punya satu misi baru – mengajarkan anak-anak bahasa pemograman alias coding sejak dini. Program yang disebut sebagai “Hour of Code” ini berisikan 14 tantangan yang didesain untuk mendorong anak  melakukan eksplorasi via coding. Anda bisa meminta sang karakter bergerak atau memutar dengan menyuntikkan perintah tertentu. Program ini sendiri sudah dijajal lebih dari 380.000 orang.
Mengusung tema Minecraft, Hour of Code didesain untuk menarik anak pada bahasa pemograman.
Tertarik untuk menjadikannya sebagai katalis untuk memancing ketertarikan anak atau saudara Anda pada coding? Atau mungkin Anda yang penasaran? Hour of Code bisa dijajal di sini!

Sumber : http://jagatplay.com/