Game yang mengedepankan unsur narasi dan berformat episodik sempat dianggap tidak memiliki masa depan. Anggapan demikian terungkap pada sebuah video dokumenter berjudul Telltale Games: Story Mode yang menceritakan perjalanan para co-founder studio game tersebut, Dan Connors dan Kevin Bruner.
Mereka semua pernah bekerja pada LucasArts, developer game PC yang terkenal dengan berbagai game dari seri Star Wars, Monkey Island, hinggaIndiana Jones. Beberapa game yang pernah mereka tangani meliputi Star Wars: Dark Forces dan Grim Fandango. Namun, mereka merasa tidak cocok dengan perkembangan strategi LucasArts.
Bruce dan Dan merupakan developer yang memiliki passion tinggi terhadapgame adventure dengan kualitas narasi tinggi serta cerita yang bisa membuat emosi pemainnya naik turun. Sayangnya, LucasArts memutuskan untuk fokus pada game action dengan latar Star Wars dan Indiana Jones. Mereka kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri dan membangun Telltale Games pada tahun 2005.
Kamu bisa menyimak lebih jauh perjalanan mereka sejak merilis gamepertama bertema poker, meraih penghargaan Game of the Year dengan The Walking Dead, hingga rencana mereka ke depannya. Tampaknya kita masih dapat berharap banyak kepada Telltale Games yang telah mematahkan anggapan LucasArts dulu bahwa distribusi digital, kualitas narasi jempolan, hingga format episodik tidak akan sukses dalam bisnis video game.