Cara Meningkatkan Keterampilan Kepemimpinan

Author : UnknownTidak ada komentar

Cara Meningkatkan Keterampilan Kepemimpinan
Keterampilan kepemimpinan dapat memainkan peran besar dalam pengembangan karir. Seringkali, keterampilan teknis hanya dapat membawa Anda sejauh ini. Untuk membantu bergerak maju dalam karir, Anda perlu soft skill seperti kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Oleh karena itu, keterampilan kepemimpinan dianggap ciri penting yang dapat membantu Anda sampai ke puncak di bidang karir. Tentu akan lebih mudah untuk dipekerjakan atau mendapatkan promosi jika Anda sudah berhasil dalam peran kepemimpinan dalam profesional atau di kehidupan pribadi Anda.

Beberapa orang mungkin dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Namun sebagian besar dari kita perlu berlatih menjadi pemimpin yang baik dan itulah sebabnya pengembangan kepemimpinan sangat penting.

Berikut tips atau cara meningkatkan keterampilan kepemimpinan Anda:

1. Mengambil Inisiatif

Kebanyakan bos akan menetapkan tugas pada setiap karyawan mereka, jika karyawan telah terbukti mahir. Oleh karena itu, jangan menunggu untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab. Segera kerjakan dan lakukan meski tugas tersebut di luar pada posisi Anda saat ini. Cara yang baik untuk mengembangkan keterampilan ialah mengambil proyek-proyek tambahan di luar deskripsi pekerjaan Anda. Ingat, semakin banyak pekerjaan yang bisa di lakukan, semakin banyak Anda dapat pelajaran dan pengalaman. Belajar lebih banyak dan mengambil lebih banyak tanggung jawab dapat membantu memindahkan Anda ke dalam peran kepemimpinan di tempat kerja.

2. Berpikir Kritis

Ketika dipekerjakan untuk pekerjaan profil tinggi (high-profile job), Anda tentu perlu untuk menjadi pemikir yang kritis. Pemimpin yang baik mampu meramalkan potensi masalah sebelum terjadi. Mereka kemudian dapat mengembangkan cara-cara untuk mencegah masalah terjadi. Para pemimpin yang baik juga menyadari potensi peluang dan memanfaatkan pemikiran mereka untuk keuntungan perusahaan dan karyawan lainnya.

3. Mendengarkan Secara Efektif

Salah satu keterampilan yang paling penting bagi seorang pemimpin adalah mendengarkan. Tanpa keterampilan mendengarkan, Anda tidak bisa mendapatkan umpan balik (feedback) dari orang lain dan mendapatkan pengertian dari apa yang sedang anggota tim lakukan, seperti tentang proyek yang sedang mereka kerjakan. Untuk mendengarkan secara efektif, Anda perlu mempertahankan tatapan mata, menghindari gangguan dan merespons dengan tepat. Perlu diingat, komunikasi tidak hanya komunikasi verbal. Sadari bahasa tubuh dan gerak tubuh untuk menentukan apa yang benar-benar dikatakan orang.

4. Memotivasi Lainnya

"Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih, belajar lebih, melakukan lebih dan menjadi lebih baik, Anda adalah seorang pemimpin. Seorang pemimpin sejati harus mempengaruhi orang secara positif. Ketika karyawan atau rekan kerja kehilangan ambisi dan semangat mereka, pemimpin sejati bisa menguatkan dan memotivasi mereka. Bagaimana pemimpin memotivasi orang? Pertama, mereka tahu apa yang orang butuhkan dan inginkan. Sebagai contoh, jika seorang karyawan kehilangan motivasi karena dia berpikir kerja keras nya tidak diakui, seorang pemimpin yang baik akan berbicara dengan orang itu dan menawarkan pengakuan yang layak.

Kadang-kadang, orang kehilangan motivasi mereka karena mereka mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugasnya, lelah melakukan tugas yang berulang-ulang atau kecewa karena mereka tidak diminta untuk ikut terlibat. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus berbicara dengan dia, bertanya: apa yang terjadi, dan berbagi cerita pribadi Anda dengan dia atau mendorongnya untuk ikut terlibat.

5. Disiplin Waktu

Disiplin diperlukan dalam rangka melaksanakan tujuan. Bahkan jika Anda memiliki visi atau ide yang baik, itu sia-sia tanpa disiplin. Jika ingin melaksanakan tugas secara efektif, diperlukan kedisiplinan. Misalnya, Anda dan tim ingin membuat rencana bisnis untuk menarik investor. Anda memiliki banyak ide-ide untuk rencana bisnis, tapi karena tidak adanya kedisiplinan di tempat untuk memastikan presentasi itu dibacakan. Ketika tiba saatnya untuk menyajikan proposal, Anda tidak dapat mengkomunikasikan tujuan Anda dengan benar ke investor. Hal ini mengakibatkan para investor mengabaikan proposal Anda. Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, Anda harus self-disciplined dan pastikan orang lain dalam tim juga disiplin.

6. Belajar Secara Konstan

"Kepemimpinan dan pembelajaran diperlukan untuk satu sama lain," kata John F. Kennedy. Ketika hal-hal berubah dengan cepat, penting untuk terus belajar dan menantang diri Anda sendiri.

7. Tahu Cara Mendelegasi (menujuk perwakilan)

"Eksekutif yang baik adalah orang yang memiliki akal hebat untuk memilih orang-orang yang baik untuk melakukan apa yang ia ingin lakukan, dan menahan diri agar tidak campur tangan dengan mereka sementara mereka melakukan tugasnya," kata Theodore Roosevelt. Seorang pemimpin yang sukses tidak akan mikro-manage. Mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan dan membiarkan mereka merasa diberdayakan. Jika Anda melakukan ini, mereka akan merasa lebih terlibat dan memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan keterampilan baru. Mendelegasikan akan memungkinkan Anda untuk lebih berkonsentrasi pada tujuan yang Anda butuhkan untuk mencapai keberhasilan suatu proyek.

8. Penanganan Konflik

Pemimpin harus tahu bagaimana menangani orang yang sulit diatur dan mampu menyelesaikan konflik. Jika seorang karyawan tidak bekerja dengan segenap kemampuannya dan membawa sikap negatif terhadap pekerjaan, pemimpin harus mengambil tindakan dan berbicara dengan orang itu secara pribadi. Pemimpin harus jujur dan langsung ke pokok permasalahan. Ini membutuhkan banyak keberanian. Hal ini memang tidak mudah dilakukan untuk menunjukkan masalah atau memecat seseorang. Selalu mendengarkan sisi lain dari cerita karyawan yang bermasalah tersebut sebelum Anda mencapai kesimpulan.

9. Menjadi Sebuah Follower

Pemimpin harus belajar untuk mengenali nilai dari anggota tim, belajar dari mereka dan mendorong anggota tim lain untuk belajar dari mereka yang berjiwa besar. Belajar hal-hal yang Anda tidak tahu dari seseorang yang mengkhususkan diri pada bidang pekerjaanya.

10. Perlu di garis bawahi

Keterampilan kepemimpinan yang baik sangat penting untuk pengembangan karir. "Kunci kepemimpinan yang sukses hari ini adalah pengaruh, bukan otoritas," kata Ken Blanchard. Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan kepemimpinan, pikirkan tentang tindakan apa yang dapat Anda lakukan untuk menjadi lebih berpengaruh. Jika Anda sudah siap menjadi seorang pemimpin, pikirkan bagaimana Anda dapat mempengaruhi orang lain secara positif.
Posted On : Jumat, 28 November 2014Time : 22.48
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Gracia Widyakarsa Group | |