Pengertian Tentang Kesehatan Kerja

Author : UnknownTidak ada komentar

Kesehatan Kerja (occupational health)Menurut WHO (World Health Organization) Kesehatan kerja berkaitan dengan semua aspek kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dan memiliki fokus yang kuat pada pencegahan primer tentang bahaya. Kesehatan pekerja memiliki beberapa faktor penentu, termasuk faktor risiko di tempat kerja yang mengarah ke pada; kanker, kecelakaan, penyakit muskuloskeletal, penyakit pernapasan, gangguan pendengaran, penyakit peredaran darah, terkait gangguan stres dan penyakit menular dan lain-lain.

Pengertian kesehatan kerja adalah ilmu kesehatan/kedokteran yang diterapkan di bagian ketenagakerjaan, yang bertujuan untuk mencegah penyakit akibat kerja dan meningkatkan kesehatan para pekerja baik pada kondisi kerja di sektor formal maupun informal.

Tenaga kerja di suatu perusahaan harus dilindungi dari resiko-resiko pekerjaan seperti: fisik (ergonomi, bising, panas, dingin, getaran, radiasi, debu), kimia, biologi (kuman, bakteri), dan stress karena pekerjaan, maupun akibat penyakit/gangguan kesehatan yang disebabkan oleh faktor pekerjaan dan lingkungan kerja, serta penyakit umum.

Salah satu penentu kondisi kerja yang sehat, termasuk; jam kerja, gaji, kebijakan ditempat kerja mengenai cuti hamil, mempromosikan kesehatan dan ketentuan perlindungan, serta penentu penting lainnya.


Pendukung kesehatan mental di tempat kerja


Pihak pemberi kerja dapat memberikan program kesehatan atau bantuan kepada karyawan atau pekerja lainnya untuk mendukung staf melalui masa-masa sulit atau ketika sedang sakit.

Apa profesi kesehatan kerja?

Profesi kesehatan kerja bertujuan untuk mencari tahu apa, dampak dari pekerjaan Anda pada kesehatan Anda, dan memastikan Anda cocok untuk pekerjaan yang Anda lakukan. Profesional kesehatan bekerja dalam peran kesehatan kerja dan bertugas mencegah penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan dan melakukan penilaian. Penjelasan lebih lanjut tentang layanan kesehatan kerja Worksmart dari TUC

Program Bantuan Karyawan (BPK)

Pihak pemberi kerja Anda mungkin menawarkan Employment Assistance Programme (EAP). Biasanya, ini adalah Helpline, biasanya 24 jam, yang dapat Anda hubungi untuk menerima dukungan dan saran. PBK juga sering mengarahkan Anda kepada layanan lain seperti konseling atau dukungan kembali bekerja. PBK mendukung kesejahteraan karyawan dan kinerja organisasi. Cari tahu lebih lanjut di sini.


Posted On : Kamis, 13 November 2014Time : 02.16
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Gracia Widyakarsa Group | |