MIT Mengembangkan Pengganti Platinum

Author : UnknownTidak ada komentar

Platinum atau Platina merupakan suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pt dan nomor atom 78. Sebuah logam transisi yang berat, "malleable", "ductile", berharga, berwarna putih-keabuan. Namanya berasal dari bahasa Spanyol "platina", yang secara harfiah diterjemahkan menjadi "little silver".

mit developing platinum alternative
Platinum dilihat melalui mikroskop. Courtesy of Visual News.
Kekhawatiran terhadap krisis yang membayangi pasokan platinum, terutama didorong oleh pemogokan yang sedang berlangsung empat bulan-lamanya pada produsen top dunia dari logam di Afrika Selatan, mungkin akan memudar.

MIT mahasiswa pascasarjana Sean Hunt, Postdoc Tarit Nimmandwudipong, dan Yuriy Román, asisten profesor teknik kimia, bekerja pada sebuah proses baru untuk menggantikan platinum group metals (PGM) dengan unsur-unsur yang lebih banyak tersedia dalam teknologi energi terbarukan.

Dalam sebuah paper yang diterbitkan pekan lalu dalam jurnal Angewandte Chemie, tim menjelaskan metode baru yang diusulkan mereka untuk alternatif katalis sintesis (synthesizing alternative catalysts).

"Karena PGM cenderung menjadi katalis yang paling aktif dan stabil dalam proses termal dan elektrokatalitik hampir semua relevan, penelitian kami berusaha untuk menjawab berbagai pertanyaan yang menarik,"kata mereka." Daripada mencari bahan-bahan baru untuk menggantikan PGM dalam reaksi tertentu, mungkin dapat modifikasi kerapatan elektron dari logam transisi awal bumi yang melimpah [dalam kelompok IV ke VI pada tabel periodik] untuk catalytically meniru PGM?"

mit developing pgms replacement
alternatif untuk platinum
Sebagai cara untuk menyederhanakan ide mereka, para ilmuwan menggunakan tungsten sebagai contoh. Dengan unsur enam elektron valensi, "kata mereka", dapat dimodifikasi secara elektronik untuk meniru platinum, yang memiliki 10 elektron valensi, dengan mereaksikan dengan karbon (empat elektron valensi) untuk memberikan bahan keramik tungsten carbide (WC).

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa WC memang seperti platinum dan mampu mengkatalisis reaksi thermo dan elektrokatalitik penting yang logam tungsten tidak bisa - seperti konversi biomassa, evolusi hidrogen, reduksi oksigen, dan alkohol elektro-oksidasi.

Kilap tungsten yang tiga kali lebih banyak daripada platinum yang ada di kerak bumi, sehingga bahan yang layak dalam perekonomian energi terbarukan global.

"Sementara fokus utama penelitian kami pada mrngembangkan pengganti berkelanjutan PGM dalam aplikasi termal dan elektrokatalitik, kami juga mengantisipasi dampak yang lebih luas dari teknologi baru TMC dan TMN kami di luar katalisis," kata Román dalam rilis berita yang diterbitkan oleh MIT.

Penimbunan, daur ulang dan produksi yang lama menambah pemogokan platinum berkepanjangan di Afrika Selatan sehingga menyebabkan lonjakan harga global, tetapi para analis memperingatkan volatilitas (naik turunnya harga saham atau valas) akan datang, dengan konsekuensi bagi industri otomotif dan sektor lainnya.

Negara Afrika menyumbang 80% dari pasokan platinum dunia dan hampir sepertiga dari paladium dunia.

Pemogokan terlama pernah terjadi, ada sekitar 80.000 pekerja telah menghentikan hampir 40% dari produksi platina di atas tiga produsen global - Anglo American Platinum (LON: AAL), Impala Platinum (BEJ: IMP) dan Lonmin (LON: LMI). Selanjutnya, pemogokan juga telah mengakibatkan krisis pasokan untuk paladium, yang harganya mencapai puncak pada pekan lalu dalam tiga tahun terakhir.


Posted On : Minggu, 16 November 2014Time : 04.25
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Gracia Widyakarsa Group | |